Fashion Girl

Vector design with Adobe Illustrator

Vector Design

Saving Your Vector Illustrations using Adobe Illustrator

Zahra Creative Design Studio

Assalamualaikum..

Jumat, 26 Desember 2014

Open Service Gateway Initiative (OSGI)


         Open Service Gateway Initiative (OSGi) adalah sebuah system dan aplikasi interoperability berbasis komponen platform yang terintegrasi. OSGi merupakan system modul dinamik untuk Java. Teknologi OSGi adalah Universal Middleware. Teknologi OSGi menyediakan sebuah service-oriented, lingkungan yang berbasis komponen untuk pengembang dan menawarkan jalan standard untuk mengatur siklus hidup software. Kemampuan ini dapat menambah nilai jangkauan dari computer dan peralatan yang menggunakan platform Java dengan sangat hebat. Teknologi OSGi mengadopsi keuntungan dari menambah time-to-market dan mengurangi biaya pengembangan karena teknologi OSGi menyediakan subsistem komponen yang terintegrasi dari pre-build dan pre-tested. Teknologi ini juga mengurangi biaya perawatan dan memberikan kesempatan aftermarket yang baru dan unik karena jaringan dapat digunakan untuk update secara dinamik dan mengirimkan service dan aplikasi di lapangan.
OSGi ARSITEKTUR

        OSGi adalah sebuah set spesifikasi yang mendefinisikan sebuah komponen system dinamik untuk Java. Spesifikasi ini memungkinkan sebuah model pengembangan dimana aplikasi (secara dinamik) terdiri dari berbagai komponen yang berbeda. Spesifikasi OSGi memungkinkan komponen-komponennya untuk menyembunyikan implementasinya dari komponen lainnya ketika berkomunikasi melalui services dimana biasanya ketika hal ini berlangsung implementasi antar komponen dapat terlihat jelas. Model yang simple ini telah jauh mencapai efek dari segala aspek dari proses pengembangan software.

Model lapisan dari OSGi adalah sebagai berikut :



Definisi :
a.Bundles : bundles adalah komponen OSGi yang dibuat oleh pengembang/developer.
b.Services : lapisan service menghubungkan bundles dalam sebuah jalan dinamik dengan             menawarkan model publish-find-bind untuk objek Java yang lama.
c.Life Cycle : API untuk menginstall, memulai, menghentikan, update dan menguninstall bundles.
d.Modules : lapisan yang menjelaskan bagaimana bundles dapat mengimport dan mengexport kode.
e.Security : Lapisan yang memegang aspek keamanan.
f.Execution Environment : menjelaskan class dan method apa yang ada di platform.

Peluang dan Tantangan Dalam Pengembangan OSGi 

  • Mengurangi kompleksitas : mengembangkan dengan OSGi berarti menembangkan bundles : salah satu komponen OSGi. Bundles adalah modul. Bundles menyembunyikan aspek internalnya dari bundles lainnya. Hal ini berarti ada banyak kebebasan untuk menggantinya di kemudian hari.
  • Dapat digunakan kembali : model komponen OSGi sangat mudah digunakan dan dapat digunakan dengan aplikasi pihak ketiga.
  • RealWorld : OSGi framework dinamik. Hal ini berarti OSGi dapat diupdate secara online.
  • Mudah Penyebarannya : teknologi OSGi bukanlah sebuah teknologi standard. OSGi dapat dimanage sedemikian rupa serta dapat diatur cara penginstalannya.
  • Update yang dinamik : OSGi komponen bisa diupdate secara dinamik.
  • Adaptif : model komponen OSGi didesain sedemikian rupa hingga diperbolehkan untuk mengkombinasi dan mencocokan antar komponen.

  • Transparan
  • Banyak versinya

  • Simple : OSGi API sangat simple. Hanya terdiri dari satu paket dan berjumlah kurang dari 30 kelas.
  • Ukurannya kecil
  • Kinerjanya cepat
  • Aman
  • Sederhana
  • Tidak Mengganggu Kinerja Aplikasi Lainnya
  • Berjalan dimana saja
  • Digunakan secara luas
  • Didukung Oleh Berbagai Perusahaan : OSGi juga didukung oleh berbagai perusahaan seperti Oracle, IBM, Samsung, Nokia, IONA, Motorola, NTT, Siemens, Hitachi, Deutsche Telekom, Redhat, Ericsson, dan masih banyak lagi.




http://momolagideh.blogspot.com/2014/12/open-service-gateway-initiative-osgi.html

Rabu, 17 Desember 2014

ANTAR MUKA TELEMATIKA





FITUR PADA MUKA ANTAR TELEMATIKA

            Interface merupakan salah satu media yang digunakan komputer untuk berkomunikasi dengan manusia. interface di komputer dikenal dengan GUI (Graphical User Interface). Penghubung antara dua sistem atau alat. Media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya. Keluaran (output) dari suatu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya dengan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat terintegrasi dengan subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan. Interface ini, meliputi :
  1.      perangkat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu, dan perangkat yang secara tidak langsung    mengontrol perangkat lunak.
  2.       piranti input atau output
  3.       prosedur pemakaian perangkat.

            Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) danGraphical User Interface(GUI).

SEJARAH  SINGKAT GUI

           Pada awal diciptakannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua program ataupun perintah-perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem informasi. Hal ini tentu saja dirasa tidak praktis dan kurang canggih. Selain itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya. Oleh karena itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah diingat.
          Akhirnya lahirlah yang disebut dengan GUI atau graphical User Interface. GUI adalah seperangkat aplikasi yang menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk lainnya yang menggantikan perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna komputer menjadi lebih mudah mengoperasikan sebuah perangkat daripada mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando tertentu. Hal ini didasarkan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibanding tulisan. GUI pertama kali digunakan dalam komputer yang diproduksi oleh Apple yakni Machintosh dengan Steve Jobs sebagai penggagasnya. Namun belakangan sistem operasi lain mengikutinya, seperti misalnya Microsoft dengan GUI Windows-nya yang menjadi tren setter penggunaan start menu dan taskbar di bawah.


TEKNOLOGI PADA INTERFACE TELEMATIKA

1.   Head Up Display

     System Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data        tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya.        Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat              (head     up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen.                    Walaupun   HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan         pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.


2.   Tangible User Interface

      Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat                       berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User                   Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor      di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan istimewanya             untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital           sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.


3.   Computer Vision

      Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang             melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan            untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar).           Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa               kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.


4.   Browsing Audio Data

      Browsing audio data adalah kemampuan mesin untuk mencari data dengan menggunakan input           audio. Suatu ketika kita mendengarkan sebuah kilasan lagu dan kemudian kita merasa terkesan           dengan lagu tersebut. Meskipun kita hanya mendengarkan secara sekilas, tetapi membuat kita             ingin    tahu lagu siapakah itu? Browsing audio data pada suara tidak seperti browsing teks pada         tulisan.


5.   Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.

6.   Speech Synthesis

     Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang        digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak        dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi                    pembicaraan.




http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-dan-sejarah-singkat-gui/