Senin, 30 Desember 2013

Kisah Hidup Steve Jobs




Masa Kecil Jobs

Sedikit ironis bahwa orang tua biologisnya justru menikah setelah Steve Jobs diadopsi dan memiliki satu orang anak lagi, Mona Simpson. Steve Jobs sendiri baru mengetahui tentang orang tua kandungnya itu pada usia 27 tahun.

Jobs kecil tinggal di seputaran Silicon Valley, maka tak heran kalau kecintaannya terhadap benda-benda elektronik sangat besar. Di sini mulai terlihat bakatnya dalam mengutak-atik benda elektronik, termasuk komputer pada jaman itu.

Saat SMA, di sela-sela waktu luangnya Jobs sering berkunjung ke Hewlett-Packard. Di sanalah dia bertemu dengan Steve Wozniak – yang dipanggil Woz – seorang insinyur komputer yang sangat cerdas. Meski Woz lebih tua lima tahun, tetapi karena kesamaan minat, mereka cepat menjadi akrab.

Meski cerdas dan inovatif, Jobs selalu bermasalah dengan pendidikan formalnya. Di sekolah, dia terkenal siswa yang bengal. Bahkan Jobs hanya kuliah selama satu semester dan memutuskan drop-out. Jobs lebih suka masuk ke kelas seni tipografi dan kelas-kelas spiritual.

Akhirnya, sekitar tahun 1974, Jobs nekat pergi ke India untuk mencari pencerahan spiritual, meninggalkan karier yang baru saja dirintisnya sebagai desainer video game di Atari.

Menurunnya Kondisi Jobs

Pada tahun 2003, Jobs terserang kanker pankreas. Sebenarnya kanker ini bukanlah jenis yang mematikan jika segera dioperasi. Tapi sayangnya Jobs menolak opsi untuk dioperasi. Dia lebih memilih untuk menjalani terapi yang berasal dari negara-negara Timur.

Meski akhirnya setuju juga untuk dioperasi, namun nampaknya sudah terlambat. Kanker inilah yang terus menggerogoti kesehatannya. Di tahun 2009, Jobs tidak lagi tampil di berbagai event dimana ia mestinya tampil. 

Namun kanker sepertinya bukan halangan bagi Jobs untuk terus berinovasi. Tahun 2007, Apple kembali menggebrak dengan produk inovatifnya, iPhone. Bahkan di tahun 2010, ia mengejutkan banyak orang dengan kembali tampil di berbagai event, termasuk ketika memperkenalkan iPad.

Tetapi Jobs akhirnya menyerah juga. Pada bulan Agustus 2011 lalu, ia menyampaikan permohonan pengunduran dirinya dari Apple. Dan belum genap sebulan setelahnya, ia pun pulang menghadap Sang Pencipta.

Steve Jobs mungkin memang tidak ada lagi di tengah kita. Namun semangat dan produk buah tangan dinginnya akan selalu berada di sekeliling kita. (Yahya Kurniawan)


10 Fakta Menarik tentang Steve Jobs

1. Steve Jobs didiagnosis menderita disleksia (ketidakmampuan belajar yang disebabkan sulitnya orang tersebut melakukan aktivitas membaca dan menulis). Tokoh lain yang juga didiagnosis mengalami disleksia adalah Albert Einstein dan Alexander Graham Bell (penemu telepon).

2. Steve Jobs merupakan seorang pescetarian, yakni seseorang yang tidak makan daging, kecuali ikan. Ia juga tidak makan telur dan semua produk hasil peternakan (seperti susu dan keju).

3. Pembelian The Graphics Group (yang lalu menjadi Pixar) dari divisi grafis Lucasfilm sebesar  US$10 juta telah membuat Steve Jobs hampir bangkrut. Untungnya, Pixar mendapatkan kontrak dari Disney untuk membuat aneka film animasi seperti Toy Story, Monsters, A Bug’s Life dan Cars.

4. Sebagai seorang penganut Buddha, Jobs pernah berpikir menjadi seorang biksu. Namun keinginannya itu batal dilakoninya.

5. Saat kembali ke Apple, Jobs menunda semua program CSR Apple dengan alasan menunggu sampai Apple mendapatkan laba kembali. Sayangnya, setelah Apple menjadi perusahaan dengan pendapatan sebesar US$40 miliar, program CSR tersebut tetap dihentikan. 

6. Sebagai CEO Apple, Steve hanya bergaji US$1 setahun. Namun, ia memiliki 5 juta saham Apple dan 138 juta saham di Disney. Di tahun 2010, majalah Forbes memperkirakan kekayaan bersih Jobs mencapai US$7 miliar, meletakkannya dalam urutan ke-136 orang terkaya di dunia. 

7. Dalam urutan karyawan di Apple, Steve Jobs mendapat nomor urut 0, sehingga mendahului Steve Wozniak yang mendapat nomor urut 1.

8. Steve Jobs membeli setelan jas pertamanya di usia 22. Setelan ini dikenakannya untuk mempresentasikan Apple II di West Coast Computer Fair pada tahun 1977.

9. Pakaian “dinas lapangan” sehari-hari Jobs adalah sweater hitam dengan kerah merek St. Croix, celana jins biru bermerek Levi’s serta sepatu Sneakers ukuran 14.

10. Steve menyukai kendaraan buatan Jerman. Ia mengendarai Mercedes SL55 AMG tanpa nomor polisi. Di area parkir kantor, mobil Steve akan mudah dikenali dari posisinya yang menempati area untuk orang cacat.

0 komentar:

Posting Komentar