Rabu, 12 November 2014

JARINGAN WIRELESS DAN TERMINAL

Wireless LAN

Pengertian Wireless LAN
Wireless LAN (WLAN) adalah teknologi LAN yang menggunakan frekuensi dan transmisi radio sebagai media penghantarnya, pada area tertentu, menggantikan fungsi kabel. Konfigurasi jaringan WLAN adalah terdiri dari akses point yang dihubungkan ke pengguna melalui media udara (frekuensi dan transmisi radio)

Sebuah access point dapat menjangakau 91.44 sampai 152.4 meter (300 sampai 500 feet) dan jika ingin menjangkau lebih jauh maka digunakan beberapa access point (AP). Teknologi yang dipakai dalam WLAN adalah spread spectrum. Spread spectrum dalam telekomunikasi adalah salah satu teknik modulasi dimana sinyal ditransimisikan dalam bandwidth (lebar pita frekuensi) yang jauh lebih lebar dari frekuensi sinyal awal informasi

Teknologi spread spectrum dibagi menjadi 2 yaitu frequency-hopping spread spectrum (FHSS) dan direct-sequence spread spectrum (DSSS). Meskipun keduanya mempunyai kelebihan dan kelemahan tetapi DSSS lebih bayak digunakan ksususnya dalam, implementasi WLAN. Jadi, konsep cellular yang dipakai dalam WLAN juga sama dengan dalam teknologi komunikasi bergerak seperti GSM dan CDMA

Teknologi spread spectrum dibagi menjadi 2 yaitu frequency-hopping spread spectrum (FHSS) dan direct-sequence spread spectrum (DSSS). Meskipun keduanya mempunyai kelebihan dan kelemahan tetapi DSSS lebih bayak digunakan ksususnya dalam, implementasi WLAN. Jadi, konsep cellular yang dipakai dalam WLAN juga sama dengan dalam teknologi komunikasi bergerak seperti GSM dan CDMA


Terminal Pada Telematika

          Terminal merupakan peralatan yang mengakses layanan melalui jaringan yang sifatnyaremote atau terpisah melalui sebuah saluran telekomunikasi.Linux memiliki enam terminal ataukonsol ketika berjalan dalam modus teks. Artinya, kita dapat menjalankan aplikasi atau kegiatan berbeda beda untuk tiap terminal dan dalam waktu bersamaan. Untuk berpindah dari satu terminal ke terminal lain, dapat menekan kombinasi tombol ALT + F1 hingga F6.
Terminal ketujuh umumnya digunakan oleh X Server. Jadi, jika X Server sebelumnya telah aktif dan tidakdibunuh,kita tinggal menekan tombol ALT + F7 untuk kembali ke tampilan grafis.Terminal yangdisinggung di atas adalah terminal dalam modus teks.Terminal juga dapat digunakan dalamlingkungan grafis.Untuk membuka terminal di desktop GNOME milik Edubuntu, klik menu Applications >Accessories > Terminal pada panel atas.Terminal sepertinya memang diperuntukkan bagi para profesional. 
        Tetapi ketika kita mengetahui cara kerja dan manfaatnya, kita akan seringmenggantungkan diri pada baris perintah ini. Kita dapat mengeksekusi program, membuka file,hingga melakukan manajemen berkas melaluitampilannya yang sederhana. Linux memiliki lebihdari 2000 perintah ketika menjalankan terminal.Kita tidak perlu menghapal semuanya, hanya beberapa yang kita anggap penting dan sering kita gunakan.Sebuah tips ketika menggunakanterminal. Kita bisa mengetikkan beberapa huruf awal perintah, disusul dengan menekan tombolESC atau TAB sekali atau beberapa kali. Cobalah untuk memasukkan karakter apadaterminal.Disusul menekan ESC atau TAB (Edubuntu mendukung tombol TAB). Apabila munculsebuah pertanyaan, ketik y. Sebuah daftar panjang akan muncul (semua perintah dengan awalanhuruf a). Biasanya data ditampilkan pada komputer pada jarak jauh atau dekat yang disebutdengan terminal. Fungsi dasarnya adalah untuk berhubungan dengan komputer host. 
Terminal juga dikenali dengan beberapa istilah, seperti: CRT Cathode Ray Tube, VDT -Video DisplayTerminal atau display station. Terminal dibagi atas 3 jenis, yaitu :

  • Terminal dungu (dumb)yaitu terminal yang berfungsi hanya berupaya menghantar setiap karakter yangdikirimkan ke host dan menampilkan apa saja yang dikirim oleh host.

  • Terminal ‘smart’yaitu terminal yang berfungsi menghantarkan informasi tambahan selain apa yangdikirim oleh pemakai seperti kode tertentu untuk menghindari kesalahan data yangterjadi.

  • Terminal pintar (intelligent)yaitu terminal yang dapat diprogramkan untuk membuat fungsi-fungsi tambahan sepertikontrol terhadap penyimpanan ke storage dan menampilkan lay-out data dari host dengan lebih bagus. Pada saat terminal/client/terminal/client melakukan proses booting, garis besar proses yang dijalankan adalah 
          1. Mencari alamat ip dari dhcp server.
          2. Mengambil kernel dari tftp server.
          3. Menjalankan sistem file root dari nfs server.
          4. Mengambil program X-server ke dalam memory dan mulai menjalankannya.
          5. Melakukan hubungan dengan xdm server dan user login ke dalam xdm server.


mujahidin.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../11_Wireless-LAN.pdf

https://id.scribd.com/doc/245823686/Tugas-4-Jaringan-Wireless-Dan-Terminal

0 komentar:

Posting Komentar