Kamis, 09 Oktober 2014

Telematika dan Arah Perkembangannya di Masa Depan



1.      Pengertian Telematika
Telematika yang berasal dari bahasa Perancis “Telematique”(dipopulerkan pertama kali pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L'informatisation de la Societe). Telematika merupakan perpaduan antara teknologi telekomunikasi, media dan informasi yang berkembang menjadi  teknologi digital atau “The Net” yang merujuk pada sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Kemudian dalam perkembangannya istilah “media” dalam Telematika berkembang menjadi wacana “multimedia”.
Menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia Teknologi Telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan Informatika. Senada dengan pendapat  pemerintah, TELEMATIKA diartikan sebagai singkatan dari  TELE= telekomunikasi, MA = multimedia, dan TIKA = informatika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Telematika merupakan konvergensi (perpaduan) antara Teknologi Telemkomunikasi, Media, dan Informasi yang diproses menjadi system digital.

2.      Manfaat Telematika
1.      Sebagai penyampai informasi, agar masyarakat lebih mudah melakukan komunikasi sehingga menambah wawasan.
2.      Manfaat internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan. Kemudian internet dalam e-Goverment juga dapat meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
3.      Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.

3.      Perkembangan  Telematika dalam Teknologi
Industri telematika (Information and Communication Technology – ICT) merupakan salah satu industri prioritas yang akan dan sedang dikembangkan Pemerintah melalui Kebijakan Pembangunan Industri Nasional. Industri telematika terdiri atas kelompok barang dan jasa, meliputi Industri Perangkat (devices), Infrastruktur/Jaringan (access, nodes, transport, support) dan software (piranti lunak) termasuk aplikasi (content). Bagi negara berkembang piranti lunak dan jasa pada umumnya memiliki peluang yang lebih besar karena relatif tidak memerlukan investasi besar dalam riset dan peralatan pendukung produksi. Hal ini disebabkan terutama karena piranti lunak lebih berbasis pada tenaga kerja berpengetahuan.
Terdapat empat langkah utama yang perlu dilakukan untuk mendorong terbentuknya Industri Telematika nasional yang kokoh dan mandiri, yaitu pengembangan infrastruktur telematika dengan membangun kemampuan nasional untuk dapat memproduksi piranti keras dan piranti lunak, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), penciptaan regulasi yang kondusif (perundangan dan kebijakan teknologi industri), serta pengembangan pasar domestik yang berpihak kepada industri dalam negeri. Pengembangan industri telematika dalam jangka menengah diarahkan pada tumbuhnya sentra-sentra pengembangan industri telematika, sedangkan dalam jangka panjang diharapkan industri telematika mampu mengisi pasar global.
Industri Teknologi Informasi skala kecil dan menengah (software house/UKM IT) dirasakan sulit menembus pasar global, karena kurangnya dukungan infrastruktur yang menunjang untuk menjangkau pasar global.  Regional IT Centre of excellence (RICE) adalah suatu konsep pembangunan dan pengoperasian pusat dukungan Teknologi informasi di beberapa daerah potensial (regional) yang memiliki tenaga ahli/pakar dan sarana/fasilitas penunjang siap pakai yang dapat digunakan sebagai Inkubator Regional dibidang IT. Secara bertahap RICE akan terus dikembangkan sesuai dengan kemampuan dana yang ada untuk pendidikan dan latihan serta sosialisasi internasional dalam rangka promosi keberadaan RICE di dalam negeri. RICE didirikan sebagai Inkubator untuk mempercepat tumbuhnya usaha pengembang software dan penyedia jasa TI (software house) melalui bantuan teknis, bantuan manajerial, infrastruktur, dan pelatihan.  Sehingga produk dan jasa yang dihasilkan dapat dipasarkan baik ke pasar domestik maupun pasar global
Departemen Perindustrian mengembangkan RICE sejak  tahun 2002 di PT. Inti Bandung, dan sampai dengan saat ini telah berdiri di beberapa daerah lainnya antara lain, di Univ. Trisakti Jakarta, Univ. Gunadarma Depok-Jabar,  Melihat kondisi kemampuan RICE yang didukung oleh  sarana dan prasarana yang tersedia di RICE PT. Inti Bandung, seyogyanya RICE diberikan kepercayaan untuk dapat menimplementasikan.
            Arah Perkembangan Telematika di Masa Yang Akan Datang
Telematika yang berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Seperti telfon genggam yang berawal hanya berfungsi sebagai alat komunikasi kini dengan perkembangan teknologi yang canggih telfon genggam menjadi sebuah ponsel yang canggih (Smartphone) yang memberikan fasilitas – fasilitas pengguna seperti browsing, camera, video call, chatting, social media, push email, gps dsb. 

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar