Teori Perilaku Konsumen
Teori
perilaku konsumen merupakan salah satu pembahasan penting dalam manajemen
pemasaran. Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika (American Marketing Association),
perilaku konsumen dapat diartikan sebagai interaksi dinamis antara afeksi dan
kognisi, perilaku, dan lingkungan, yang mana manusia melakukan pertukaran dalam
berbagai aspek dalam kehidupan mereka.
Dalam
bahasa aslinya disebut: “Consumer behavior is the dynamic intaraction of affect
and cognition, behavior, and the environment by which human beings conduct the
exchange aspects of their lives.”
Teori
perilaku konsumen ini sangat penting dalam bisnis karena dalam mencapai tujuan
pemasaran, sangatlah bergantung pada pengetahuan, pelayanan, dan pengaruh pada
konsumen. Dengan mengetahui teori ini, kita bisa lebih mudah dalam menetapkan
strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai target pemasaran kita.
Mari
kita jelaskan satu persatu dari pengertian tersebut.
Penjelasan
tentang Teori Perilaku Konsumen
Perilaku
konsumen adalah dinamis. Ini karena pemikiran, perasaan, daan tindakan dari
setiap individu konsumen, kelompok sasaran konsumen, dan masyarakat secara
keseluruhan, adalah selalu berubah. Perilaku konsumen melibatkan interaksi. Hal
ini melibatkan interaksi antara pemikiran orang-orang, perasaan, tindakan, dan
lingkungan.
Perilaku
konsumen melibatkan pertukaran. Pertukaran ini terjadi pada sesama manusia.
Misalnya, seseorang menyerahkan suatu nilai (value) kepada orang lain, dan
menerima sesuatu sebaliknya.
Perilaku
konsumen memang selalu dinamis, banyak faktor yang bisa mempengaruhinya
termasuk faktor sifat dan perilaku manusia itu sendiri
Perilaku konsumen
Menurut J.F. Engel dalam Basu Swastha
dan Hani Handoko definisi perilaku konsumen sebagai berikut :
Kegiatan-kegiatan individu yang secara
langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa,
termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan dan persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan
tersebut. (Basu Swastha dan Hani Handoko, 2000 : 10)
Ada dua elemen penting dari arti
perilaku konsumen yaitu proses pengambilan keputusan dan kegiatan fisik, yang
semua ini melibatkan individu dalam menilai, mendapatkan, dan mempergunakan
barang-barang dan jasa-jasa ekonomis. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor
lingkungan ekstern dan lingkungan intern, kedua faktor tersebut dapat diuraikan
sebagai berikut :
a. Faktor lingkungan ekstern
Faktor lingkungan
ekstern meliputi :
1. Kebudayaan
Sebagaimana
dikutip oleh Basu Swastha dan Hani Handoko dalam bukunya "Manajemen
Pemasaran" Stanton mendefinisikan kebudayaan sebagai berikut Kebudayaan
adalah simbol dan fakta yang komplek, yang diciptakan oleh manusia, diturunkan
dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur perilaku manusia dalam
masyarakat yang ada (Basu Swastha dan Hani Handoko, 2000 : 59). Kebudayaan ini
memainkan peranan penting dalam pembentukan sikap konsumen dan merupakan
petunjuk penting mengenai nilai-nilai yang akan dianut oleh seorang konsumen.
2. Kelas sosial
Menurut
kelas sosial masyarakat di kelompokkan ke dalam tiga golongan yaitu :
a. Golongan atas
Golongan ini terdiri dari pengusaha-pengusaha
kaya, pengusaha menengah.
b. Golongan menengah
Yang
termasuk dalam golongan ini adalah karyawan instans pemerintah, pengusaha
menengah.
c. Golongan rendah
Yang
termasuk dalam kelas ini antara lain buruh-buruh pabrik, pegawai rendah, tukang
becak dan pedagang kecil.
3. Kelompok sosial dan
kelompok referensi
Pengertian kelompok tersebut yaitu :
a. Kelompok sosial
Menurut Soerjono Soekanto didefinisikan sebagai
berikut :
Kelompok
sosial adalah kesatuan sosial yang menjadi tempat individu-individu
berinteraksi satu sama lain karena adanya hubungan diantara mereka (Basu
Swastha dan Hani Handoko, 2000 : 66) Kelompok ini meliputi keluarga, teman,
tetangga.
b. Kelompok Referensi
Kelompok referensi merupakan kelompok sosial yang
menjadi ukuran seseorang (bukan anggota kelompok tersebut) untuk membentuk
kepribadian dan perilakunya. Kelompok ini meliputi organisasi profesi, kelompok
pengajian, kelompok kerja dan lainlain.
4. Keluarga
Keluarga
merupakan individu yang membentuk keluarga baru, setiap anggota dalam keluarga
dapat mempengaruhi suatu pengambilan keputusan.
b. Faktor lingkungan intern
Faktor lingkungan
intern meliputi
1. Motivasi
Motivasi
merupakan keadaan dalam diri seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan
kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan.
2. Pengamatan
Pengamatan
merupakan suatu proses dengan mana konsumen (manusia) menyadari dan menginterpretasikan aspek lingkungannya.
3. Belajar
Belajar
adalah perubahan-perubahan perilaku yang terjadi sebagai hasil akibat adanya pengalaman.
4. Kepribadian
Kepribadian
merupakan organisasi dari faktor-faktor biologis, psikologis dan sosiologis
yang mendasari perilaku individu.
5. Sikap
Secara
definitif sikap berarti suatu keadaan jiwa (mental) dan keadaan pikir (neural)
yang dipersiapkan untuk memberikan tanggapan
terhadap suatu obyek, yang diorganisir melalui
pengalaman serta mempengaruhi secara langsung dan
atau secara dinamis pada pelaku.
Teori ini disarikan
dari buku karangan J. Paul Peter & Jerry C. Olson yang berjudul “Consumer
Behavior & Marketing Strategy.”
Prediksi Togel Singapura
BalasHapusKeluaran Togel Singapura
Keluaran Togel Hongkong
Keluaran Togel Laos
Keluaran Togel Sidney
Keluaran Togel Makau
Rumus Togel
Angka Main
Angka Jitu
Syair Togel
Prediksi Jitu Senin
Prediksi Jitu Rabu
Prediksi Jitu Kamis
Prediksi Jitu Sabtu
Prediksi Jitu Minggu
Togel SGP Singapura
Togel HK Hongkong
Togel Sidney
Togel Laos
Togel Makau
Prediksi Togel Singapura Senin
Prediksi Togel Singapura Rabu
Prediksi Togel Singapura Kamis
Prediksi Togel Singapura Sabtu
Prediksi Togel Singapura Minggu
Togel
Togel Singapura
Togel Hari Ini
Togel Hongkong
Laptop
Togel
Angka Main Togel Singapura
Syair Togel Singpura
Angka Jitu Togel Singapura
Prediksi Nomor Togel Singapore
Prediksi Angka Bandar Singapura
Prediksi Togel Singapura
Prediksi Togel SGP Singapura
Prediksi Togel SGP
Prediksi Jitu Togel Singapura
Rahasia Togel Jitu Singapura
Angka Setan Togel Singapura
Togel Singapura Hari Ini